image

Free Blogger Templates

This is a Multi Color template one page layout provided by TemplatesBlock.com for free of charge. There are 2 background graphics provided in the "images" folder. You may choose the one you like. Enjoy!

Details

Kamis, 03 Februari 2011

PERGESERAN FUNGSI LAPTOP DIKALANGAN MAHASISWA

PERGESERAN FUNGSI LAPTOP DIKALANGAN MAHASISWA

Kemajuan teknologi informasi dan elektronik begitu pesat dalam beberapa dekade. Kita contohkan Ketika dahulu pada tahun 90 an masih berkutat pada komputer PC pada awal 2004 sampai sekarang komputer jinjing atau laptop begitu marak dipasaran, jelas hal itu memudahkan bagi pengguna untuk beraktifitas dalam keseharian. Kegunaanya yang serba fleksibel tidak tergantung pada tempat dan lokasi membuat kita bebas berkreasi dan beraktifitas dalam menyelesaikan tugas kantor, tugas kuliah, pekerjaan dll. Orang pekerja kantoran, pekerja seni bahkan Mahasiswa pun sangat diuntungkan dengan adanya komputer jinjing atau laptop dalam berkreasi menyelesaikan tugas dan menuangkan kreatifitas yang lain. Betapa tidak dalam sebuah laptop bermacam fasilitas telah tersedia dan bisa dibilang multi fungsi dari fungsi yang menunjang perkuliahan sampai fungsi hiburan. Selain itu relatif terjangkaunya harga membuat mahasiswa semakin dipermudah mandapatkan laptop. Laptop memang barang yang sangat berguna bagi mahasiswa dalam menunjang proses perkuliahan jika digunakan dengan tepat guna, tetapi bagaimana penggunaan laptop jika sangat minim digunakan dalam menunjang proses perkuliahan bagi mahasiswa.
Penggunaan laptop pada kenyataannya bagi mahasiswa tidak serta merta membawa kegunaan dalam menunjang proses kuliah untuk menjadi lebih baik. Bagaikan pedang bermata dua, terkadang membawa kebaikan tak jarang juga menimbulkan hambatan. Banyak fenomena-fenomena yang jauh dari tujuan semula yakni penggunannya dalam menunjang perkuliahan. Mahasiswa dengan segala macam tugas dan aktivitas kuliah yang cukup padat sudah selayaknya mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan semua itu dengan baik, buat apa kalau kuliah jika hanya enak-enakan saja dan tidak memperoleh hasil yang maksimal ?? orang-orang yang merugi jika berpikiran seperti itu kuliah dengan seenaknya saja.
Dalam tempo beberapa kali observasi yang saya lakukan dikampus, saya mengamati perilaku beberapa subjek keseharianya dikampus dalam menggunakan fasilitas laptop yang mereka punya. Saya pun menganalisis perilaku subjek selama beberapa kali observasi tersebut. Subjek-subjek tersebut dalam penggunaan laptop lebih “ memprioritaskan ” pada segi hiburan saja misalkan game, jejaring sosial (facebook), nonton film sedangkan tugas inti dari perkuliahan sering mereka abaikan tak tahu entah kemana. Dalam segi penggunaan laptop untuk hal-hal tersebut yang notabene merupakan kegunaan sekunder bagi mahasiswa mereka menggunakan dalam waktu yang cukup lama berjam-jam, mereka betah berkutat pada hiburan semata. Bagaimana dengan tugas-tugas kuliahnya ?? yang merupakan esensi kuliah yang nyata-nyata jauh-jauh mengorbankan tenaga, materi dan pikiran untuk kekampus sering terabaikan dan tak terurus. Waktu yang seharusnya efektif dan sarana yang mendukung untuk menyelesaikan tugas kuliah terbuang sia-sia hanya karena salah dalam memaknai penggunaan fasilitas laptop. Tak jarang dari mereka mengumpulkan tugas terlambat, menggunakan cara instan untuk mengumpulkan tugas, malas dalam belajar dan masih banyak kerugian yang sebenarnya tidak perlu mereka dapatkan. Saya melihat beberapa subjek dalam proses pengerjaan tugas sering menggunakan cara instan misalkan melakukan plagiasi atau yang lebih parah lagi adalah pesan untuk membuatkan orang lain. Sungguh derajat kepedulian terhadap sisi akademis yang miskin. Mengapa mereka berlaku demikian ?? pertama, jelas karena waktu yang mereka miliki sibuk untuk mengurus hal-hal berbau sekunder yang notabene hanya hiburan. Tenaga dan pikiran mereka terkuras karena hal-hal yang sebenarnya bukan tujuan pokok niatan mereka untuk kuliah. Kedua, tingkat kesadaran mereka yang rendah dalam berkompetisi disisi akademis.
Gambaran diatas merupakan sampel dari sisi lain mahasiswa dalam pemanfatan fasilitas laptop yang mereka miliki, mereka salah dalam memanajemen diri dalam penggunaan laptop. Sehingga yang terjadi terbengkalainya tugas-tugas utama yang sebenarnya lebih penting untuk diselesaikan. Sangat disayangkan memang jika laptop yang mempunyai kegunaan multi fungsi hanya digunakan untuk hal-hal hiburan, padahal kita tahu kegunaan yang luar biasa besar dapat di peroleh mahasiswa. Dari awal jika mahasiswa memang mempunyai niat untuk kuliah pergunakanlah waktu untuk hal-hal yang positif jangan menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yang kurang penting, karena orang tua yang membiayai kita pasti mengharapkan hasil kuliah yang maksimal , bukan hasil yang ecek-ecek. Bagaimana jika kita sebagai mahasiswa berperilaku yang kurang produktif dalam menunjang progres akademis ?? tentu hanya kerugian yang akan kita dapati nantinya. Sebelum kita terlambat marilah kita sebagai mahasiswa sadar diri memanajemen prioritas kegunaan fasilitas laptop yang kita miliki untuk menunjang prestasi akademis, BUKAN HANYA HIBURAN SEMATA.

0 komentar:

Poskan Komentar