image

Free Blogger Templates

This is a Multi Color template one page layout provided by TemplatesBlock.com for free of charge. There are 2 background graphics provided in the "images" folder. You may choose the one you like. Enjoy!

Details

Senin, 27 Juni 2011

SEGERA HADIRKAN MOU TKI DENGAN ARAB SAUDI

SEGERA HADIRKAN MOU TKI DENGAN ARAB SAUDI

Lambatnya Kinerja penanganan TKI oleh pemerintah dan pihak-pihak yang terkait masalah TKI dinegeri ini membuat masyarakat prihatin. Bagaimana tidak anak bangsa yang sedianya bekerja mencari penghasilan di negeri orang harus bernasib “Malang” berakhir di pemancungan pemerintah Arab Saudi alias “tewas” yakni Ruyati. TKI yang dikenal dengan pahlawan devisa untuk negara Indonesia tercinta ini banyak yang harus sekuat tenaga mengorbankan dirinya menghadapi siksaan psikis dan fisik dari majikan –majikan yang tak berperikemanusiaan. Berbagai macam siksaan, pemerkosaan, tidak dibayarkan gajinya, penipuan dan tindakan kekerasan lain yang menyebabkan TKI menjadi bulan-bulanan majikan di negeri orang.
Salah siapa dan siapa yang harus bertanggung jawab? Adalah pertanyaan yang tidak perlu diajukan menurut hemat saya, karena jawaban yang akan diperoleh adalah janji dan retorika belaka dari pemerintah dan pihak-pihak yang “merasa” bertanggung jawab. Belum ada langkah kongkret dari pemerintah untuk menuntaskan masalah TKI di negeri Arab tersebut, belum adanya MOU mengenai masalah TKI antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab saudi menandakan lemahnya kekuatan indonesia untuk berdiri sejajar dengan negara Lain yaitu Arab Saudi. Akibatnya yang ada sekarang ini Indonesia dianggap sebagai pengirim tenaga “Budak” yang dengan mudah di dekte oleh pemerintah Arab Saudi. Posisi dilematis dihadapi oleh pemerintah indonesia menanggapi hal ini, tak mungkin langsung menghentikan pengiriman TKI ke Arab saudi atau memulangkan seluruh TKI yang ada di Arab saudi untuk kembali di Indonesia. Sekitar jutaan orang yang bekerja diluar negeri khususnya Arab Saudi menggantungkan hidupnya dan keluarga dari hasil bekerja sebagai TKI. Selain hal itu secara instan pemerintah harus menyediakan lapangan dinegeri ini juga rasa-rasanya imposiblle, karena menangani penganguran yang ada saja masih ketetaran malah mau membuat lapangan kerja Bagi para TKI apabila jadi dipulangkan. Langkah kongkret terdekat yang bisa dan harus cepat dilakukan adalah membuat perjanjian atau peraturan mengenai TKI yang ada di Arab Saudi dengan MOU.
Langkah kongkret yang harus diambil pemerintah Indonesia haruslah jelas dan tegas yakni harus terbentuk MOU mengenai TKI yang bekerja di negara tersebut dan adanya perlindungan hukum yang seimbang bagi para TKI yang tersangkut kasus hukum dinegara Arab, seperti halnya di Malaysia yang alhamdulillah telah terbentuk MOU mengenai TKI. Dengan hadirnya MOU tersebut dapat memberikan jaminan hukum dan ketegasan posisi tawar Indonesia dengan negara para TKI bekerja, khususnya Arab Saudi. Kita pastinya tidak ingin harga diri bangsa yang terwakili oleh TKI yang bekerja dinegeri orang diinjak-injak karena jelas hal tersebut merendahkan bangsa Indonesia di mata Internasional.
SELAMET RIYADI
Mahasiswa Semester VI Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus
Pengurus Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) Jateng 2011-2012

0 komentar:

Poskan Komentar