image

Free Blogger Templates

This is a Multi Color template one page layout provided by TemplatesBlock.com for free of charge. There are 2 background graphics provided in the "images" folder. You may choose the one you like. Enjoy!

Details

Jumat, 29 Juli 2011

RANCANGAN PENILAIAN PRESTASI KERJA PADA KARYAWAN MARKASS FUTSAL

LAPORAN
RANCANGAN PENILAIAN PRESTASI KERJA PADA KARYAWAN MARKASS FUTSAL

Disusun Untuk Memenuhi TUGAS AKHIR SEMESTER
Mata Kuliah: Psikologi Personalia
Dosen Pengampu: Iranita Hervi M, Msi

Disusun oleh:
Nur afiyah 2009-60-033
Atina hasanah 2008-60-001
Rina setiyo wati 2008-60-003
Siti rochmah maulida 2008-60-004
Selamet riyadi 2008-60-013
Julfia luthfiana 2008-60-017
Sri suryani 2008-60-020
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
A. PERMASALAHAN

Dalam dunia perusahaan perseorangan ada beberapa aspek penting yang akan menjamin keberlangsungan suatu perusahaan perseorangan tersebut berjalan dengan baik. Aspek-aspek tersebut diantaranya adalah tentang upah dan kenaikan upah terhadap karyawan yang ada diperusahaan tersebut. Seringkali dalam perusahaan terjadi berbagai macam hambatan untuk berkembang menjadi lebih baik karena masalah gaji/upah terkadang ada upah yang tidak sesuai standart atau terlalu kecil, ada mekanisme dalam kenaikan upah yang bersifat subjektif dan adanya kedekatan karyawan dengan bosnya. Hal-hal tersebut sering menimbulkan permasalahan-permasalahan yang sering kali menghambat kemajuan perusahaan.
Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut kami berusaha menghadirkan suatu laporan tentang bagaimana membuat penilaian prestasi kerja dengan berbagai langkahnya. Kami mengambil tempat Markass Futsal sebagai perusahaan perseorangan yang kami pilih untuk menyelesaikan laporan ini. Dalam laporan ini kami mengambil perusahaan perseorangan Markass futsal dikarenakan adanya permasalahan sebagai berikut:
1. Belum adanya format penilaian prestasi kerja yang baku yang dimiliki oleh Markass Futsal, perusahaan hanya menjelaskan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawannya.
2. Adanya permasalahan tentang kenaikan gaji karyawan, pada saat ada karyawan yang gajinya naik, karyawan yang lain protes, kenaikan itu dinilai dari mana padahal pekerjaan kita sama sedangkan perusahaan tidak bisa menjelaskan dengan alasan yang tepat.
Dengan adanya permasalahan tersebut diatas kami berusaha ikut membantu dan mengkaji lebih dalam lagi untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan mengidentifikasi tugas-tugas dari para karyawan markass futsal dan mencoba menganalisis menggunakan analisis jabatan, dan akhirnya menjadi format penilaian prestasi kerja yang bersifat objektif.



B. TUJUAN
Tujuan pembuatan rancangan penilaian prestasi kerja ini adalah:
1. Memberikan penilaian prestasi kerja yang objektif kepada karyawan dan juga perusahaan.
2. Memberikan keterangan pada karyawan agar tidak ada kesalah pahaman dalam memberikan kenaikan gaji dan bisa menjelaskan secara rinci dan runtut.

C. PELAKSANAAN
1. Pengumpulan data
Dalam mengumpulkan data sebagai awal dalam pembuatan rancangan penilaian prestasi kerja kami menggunakan beberapa alat sebagai metode untuk mengumpulkan data, yakni :
a. Wawancara
Dalam proses pembuatan rancangan penilaian prestasi kerja ini kami menggunakan metode wawancara secara terbuka yakni menanyakan tentang jobdisc karyawan dan bagaimana kriteria sukses karyawan tersebut dari sudut pandang pemilik perusahaan terhadap owner ( pemilik ) selaku pemilik perusahaan perseorangan Markass Futsal pada Rabu tanggal 25 Mei 2011 pukul 19.00 Wib-selesai.
b. Observasi
Dalam proses pembuatan rancangan penilaian prestasi kerja ini kami melakukan observasi terhadap kinerja karyawan (tugas-tugas karyawan selama bekerja) markass futsal selama 3 kali observasi mengenai cara kerja petugas lapangan dan kasir. Pelaksanaan observasi kami lakukan pada setiap Hari Rabu tanggal 11, 18, 25 Mei 2011 pukul 21.00 wib-selesai.
c. Angket
Dalam proses pembuatan rancangan penilaian prsetasi kerja ini kami menggunakan angket sebagai alat untuk menngungkap informasi tentang jobdisc/tugas karyawan markass futsal yakni petugas lapangan dan kasir. Pengisian angket dilakukan pada tanggal 25 Mei 2011 pukul 20.30 Wib.



2. Analisis data dan hasil rancangan penilaian prestasi kerja
a. Setelah mengumpulkan data, selanjutnya kami menganalisis data – data yang terkumpul untuk membuat analisis jabatan yang berisi jobdisc dan kriteria suksesnya spesifikasi petugas lapangan dan kasir Markass futsal ( Dalam lampiran).
b. Setelah analisis jabatan untuk spesifikasi perugas lapangan dan kasir selesai, kemudian menyusun aspek-aspek untuk menyusun daftar cheklist penilaian prestasi kerja yang berisi daftar kriteria hard skill dan soft skill.
c. Daftar – daftar kriteria tersebut tentunya dihasilkan dari jobdisc dan konsultasi dengan dosen pembimbing mata kuliah Psikologi Personalia.
d. Terbentuknya daftar rancangan penilaian prestasi kerja untuk petugas lapangan dan kasir Markass futsal. (lampiran).

D. KESIMPULAN
Dari hasil observasi dan wawancara yang telah kami lakukan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa perusahaan seharusnya memiliki acuan tepat dan objektif dalam memberikan gaji kepada karyawanan agar tidak terjadi kerancuan dan kebingungan dalam menjelaskan soal kenaikan gaji karyawan.
Dengan adanya rancangan penilaian prestasi kerja ini dapat memberikan kontribusi untuk menjawab permasalahan yang ada dalam Markass Futsal.

E. SARAN
Hal yang dapat kami sarankan bagi perusahaan perseorangan adalah :
1. Agar membuat rancangan penilaian prestasi kerja yang objektif dan transparan.
2. Mensosialisasikan terhadap karyawan tentang cara penilaian kerja karyawan.
3. Agar sering memperbaharui penilaian prestasi kerja yang ada, karena pasti ada perubahan dalam job discriptions dan job specification dalam perusahaan.
4. Agar dapat selalu menjawab setiap pertanyaan yang ada kaitannya dengan kinerja karyawan.


LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Hasil wawancara dan angket
Hasil wawancara dengan owner ( pemilik Markass Futsall ) adalah sebagai berikut :
Pemilik futsal mengatakan ada beberapa tugas karyawan/jobdisc Markass futsal (petugas lapangan dan kasir) yakni :
a. Kasir
Tugas administrasi, mencatat penjualan sewa lapangan, menyetok barang makanan dan minuman, menerima order pelanggan, membuat nota penjualan dan sebagai tugas tambahan menjaga kebersihan sekitar kasir (khususnya).
b. Petugas lapangan
Menjaga kebersihan lapangan , menjaga peralatan yang ada (seperti bola, rompi, jaring, net badminton, galon air dan dispenser), memberi aba-aba dimulai dan selesainya sewa lapangan, menjual minuman, menyiapkan peralatan yang diperlukan dan menghidupkan dan mematikan lampu.
HASIL angket dengan petugas lapangan dan kasir:
1. Kasir
Nama : Anita ( Perempuan)
Jabatan : kasir
Jam kerja : 16.30-24.00 Wib
Hasil angket
Tugas kerja yang dilakukan kasir selama jam kerja adalah sebagai berikut :
a. Mengitung stok barang yang ada
b. Mengerjakan pembukuan/administrasi
c. Order setiap barang yang habis atau hampir habis (minuman, makanan dll)
d. Membuat hasil akhir dari laporan setiap penjualan
e. Nyapu, ngepel dll.




2. Kasir
Nama : Saefudin eko P (laki-laki)
Jabatan : kasir
Jam kerja : 16.30-24.00 Wib
Hasil angket
Tugas kerja yang dilakukan kasir selama jam kerja adalah sebagai berikut :
a. Menyapu dan mengepel sekitar kasir
b. Membantu karyawan lapangan
c. Membuat nota penjualan
d. Menghitung stok akhir dan awal.
e. Membuat laporan akhir.
3. Petugas lapangan
Nama : Aji purnama
Jabatan : Petugas lapangan
Jam kerja : 16.30-24.00 Wib
Tugas kerja yang dilakukan petugas lapangan selama jam kerja adalah sebagai berikut :
a. Merawat lapangan
b. Menyiapkan rompi bagi yang main futsal
c. Mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk futsal, badminton, pimpong.
d. Memberitahu kepada para pengunjung jika masa sewa sudah habis.
2. Analisis jabatan
3. Daftar cheklist rancangan penilaian prestasi kerja karyawan (petugas lapangan dan kasir).

0 komentar:

Poskan Komentar