image

Free Blogger Templates

This is a Multi Color template one page layout provided by TemplatesBlock.com for free of charge. There are 2 background graphics provided in the "images" folder. You may choose the one you like. Enjoy!

Details

Kamis, 17 Maret 2011

CINTA DAN PEDULI LINGKUNGAN WUJUD NASIONALISME

CINTA DAN PEDULI LINGKUNGAN WUJUD NASIONALISME
Sekarang bukanlah hari Lingkungan Hidup atau hari Bumi tetapi perlu ditekankan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap peduli terhadap lingkungannya. Isu lingkungan tampaknya akan menjadi agenda yang penting dalam wacana yang berkembang pada beberapa tahun ini, betapa tidak kerusakan-kerusakan alam yang mengerikan di indonesia mencakup hutan, laut, darat telah disorot banyak pihak baik dalam maupun luar negeri. Indonesia dianggap menjadi salah satu negara peringkat teratas dalam kategori negara yang mempunyai kerusakan alam terbesar. Semua tak bisa kita pungkiri karena itulah kenyataannya. Memang fakta menunjukkan seperti itu kita bisa ambil contoh ilegal loging yang marak terjadi di pulau kalimantan dan sumatera, penambangan Galian C yang juga gencar dikerjakan diberbagai pelosok tanah air, perusakan jenis lain yang menyangkut wilayah laut yakni perusakan terumbu karang, pencemaran limbah pabrik, pendangkalan laut. Kita sebagai masyarakat tidak perlu menyalahkan siapa-siapa dan menuduh siapa yang bertanggung jawab, tetapi kita masyarakat Indonesia perlu memiliki sikap dan tindakan kepedulian menciptakan dan membenahi lingkungan yang lebih baik kedepannya. Sebagai salah satu wujud nasionalisme kita untuk menjadi warga negara yang benar-benar mengabdi kepada negara hal itu perlu kita lakukan, bukan hanya dipikirkan semata.
Sebagai wujud nasionalisme sebagai warga negara kita seharusnya memiliki kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi cinta terhadap tanah air yang diwujudkan salah satunya cinta terhadap lingkungan bukan malah merusaknya. Kesadaran dan Tanggung jawab kita saat ini akan mempunyai dampak terhadap anak-cucu kita kedepannya. Bisa berdampak positif jika kita sadar dan bertanggung jawab mulai sekarang atau malah sebaliknya berdampak negatif jika kita memang tidak mempunyai kesadaran terhadap itu. Bisa kita bayangkan jika besok anak-cucu kita hanya dapat mendengar air bersih, tanpa bisa merasakan karena air sudah banyak tercemar ?? selanjutnya bisakah kita membayangkan jika anak-cucu kita hanya mendengar cerita tentang Indonesia yang kaya akan terumbu karang, tanpa bisa menikmatinya langsung??. Tampaknya kita semua sepakat kenyataan seperti hal itu dan yang serupa tidaklah kita harapkan. Marilah kita benahi bersama pola pikir kita sebagai masyarakat Indonesia untuk berbuat yang terbaik demi kesejahteraan bersama untuk generasi sekarang atau generasi yang akan datang dengan cinta dan peduli lingkungan.
SELAMET RIYADI
Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus

0 komentar:

Poskan Komentar