image

Free Blogger Templates

This is a Multi Color template one page layout provided by TemplatesBlock.com for free of charge. There are 2 background graphics provided in the "images" folder. You may choose the one you like. Enjoy!

Details

Kamis, 17 Maret 2011

TAULADAN SPORTIVITAS DAN KEDEWASAAN MENTAL SUPPORTER INDONESIA

TAULADAN SPORTIVITAS DAN KEDEWASAAN MENTAL
SUPPORTER INDONESIA
Pesta sepak bola piala AFF telah berakhir beberapa hari yang lalu, Indonesia menjadi Runner up dalam kejuaraan 2 tahunan yang diikuti Negara anggota Asean. Itulah pencapaian tertinggi Indonesia dalam mengikuti pagelaran sepak bola tersebut, sudah empat kali Timnas kita menjadi Runner Up dalam ajang tersebut. Suatu prestasi yang cukup layak dibanggakan, meski kita tidak pernah menjadi juara. Semua telah berlalu dan sekarang pesta persepakbolaan Indonesia kembali ke liga-liga local tanah air, dengan begitu supporter Timnas dan fanatismenya kembali kepada tim/klub kebangganya masing – masing didaerah.
Terlepas dari prestasi Timnas yang diraih yakni sebagai Runner Up piala aff 2010, Ada hal-hal esensial yang dapat dijadikan suatu pelajaran berharga bagi semua supporter klub di liga Indonesia. Suatu pembelajaran yang tampak nyata ada didepan kita selama pagelaran piala Aff kemarin, terbalut dalam semangat sportivitas dan kedewasaan mental, kita dapat melihat betapa harmonisnya para pendukung timnas Indonesia dalam memberikan dukungan kepada timnas Indonesia. Tidak ada kerusuhan yang terjadi, ketertiban para supporter, semangat sportivitas yang tinggi, sikap santun dalam mendukung perjuangan timnas dan masih banyak lagi nilai-nilai yang dapat dijadikan pelajaran bagi supporter klub di liga Indonesia.
Supporter klub – klub local diliga Indonesia selama ini dikenal mempunyai loyalitas dan fanatisme yang cukup tinggi dalam mendukung klub kebangganya. Loyalitas dan fanatisme yang ditunjukkan para supporter disisi lain memang memberikan efek yang bagus untuk kemajuan klub yang mereka cintai, dengan hal itu dapat memberikan semangat terhadap klub untuk berprestasi. Dalam hal yang positif tentunya bermanfaat bagi klubnya, tetapi jika kita melihat realita yang ada selama ini tentang sikap dan perilaku para supporter klub-klub local liga Indonesia kita juga sering mendapati kejadian-kejadian yang tidak sepantasnya ditunjukkan oleh para supporter dalam menonton sepak bola dan lebih cenderung anarkhis. Kita bisa melihat beberapa contoh kasus nyata para supporter yang membuat berbagai macam aksi yang tidak layak dipertontonkan, misalnya kerusuhan para pendukung Persita yang bentrok dengan pendukung tim lawan, supporter fanatic Persija the jack mania yang sering melakukan pelanggaran lalu lintas pada waktu menonton pertandingan timnya, supporter fanatic persebaya Surabaya, Bonek mania yang juga kerap kali meresahkan warga dengan aksi-aksinya, perilaku supporter beberapa klub ditanah air dengan rasisme dan kata-kata kotor pun sering di “kumandangkan” untuk menghina supporter lain yang nota bene “musuhnya”. Hal-hal demikian tampaknya menjadi gambaran nyata yang kerap kita jumpai dalam realita yang ada. Fanatisme dan loyalitas yang salah di implementasikan, sehingga berbuah pada catatan buruk persepakbolaan tanah air.
Semua sikap dan perilaku yang ditunjukkan oleh para supporter klub yang tidak mencerminkan sportivitas dan kedewasaan mental, memang sangat tidak kita harapkan sebagai masyarakat Indonesia yang cinta akan persepakbolaan tanah air. Sebagai masyarakat kita mengharapkan kedewasaan mental dan sportivitas supporter Timnas Indonesia pada laga piala Aff 2010 kemarin menjadi tauladan kepada para supporter klub-klub lokal di liga Indonesia untuk menjadi supporter yang menjunjung tinggi sportivitas dan kedewasaan mentalnya. Jikalau sikap dan perilaku tersebut dapat menjadi karakter supporter klub-klub diliga Indonesia, kita yakin hal tersebut menjadi kunci sukses dalam meraih prestasi dan meningkatkan citra persepakbolaan kita di mata Internasional.

SELAMET RIYADI
Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus
Coordinator HUMAS Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia Jateng 2010-2011
Bonek mania ( pecinta Persebaya surabaya)

0 komentar:

Poskan Komentar