image

Free Blogger Templates

This is a Multi Color template one page layout provided by TemplatesBlock.com for free of charge. There are 2 background graphics provided in the "images" folder. You may choose the one you like. Enjoy!

Details

Senin, 05 Maret 2012

SEJARAH POSDAYA POS PAUD “HARAPAN BUNDA”

SEJARAH POSDAYA POS PAUD “HARAPAN BUNDA”
DESA DUREN SAWIT, KEC. KAYEN KAB. PATI
Rabu, 11 Januari 2012-01-12
Anggota tim kkn yag di koordinatori oleh sdr Selamet Riyadi mencoba mengkomuniKasikan ide untuk merintis berdrinya sebuah POS PAUD di desa duren sawit dengan kepala TK TUNAS BANGSA DESA duren Sawit yakni ibu yayuk. Setelah mencapai sebuah kesepakatan kita bersama-sama antara TIM KKN UMK YANG BERTEMPAT DI DESA DUREN SAWIT memulai langkah untuk bekerja sama demi menunjang berdirinya sebuah POS PAUD. Yang pertama kali dilakukan adalah melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu yang ada dilingkungan desa duren sawit konsentrasi dukuh ciroto beserta ibu – ibu RT. Acara sosialisasipun terselenggara dengan cukup lancar dan dihadiri oleh 11 peserta beserta anak-anaknya. Acara terselenggara pada tanggal 11 januari 2012 pukul 15.00-16.30 wib. Diisi dengan sosialisas PAUD, mengenai manfaat, pengertian, dll. Dalam sesi sosialisasi pun dibuka sesi tanya jawab seputar PAUD dan tentang pengasuhan anak yang tepat. Kebetulan nara sumber yakni sdr selamet riyadi adalah mahasiswa semester akhir FAKULTAS PSIKOLOGI UMK, yang konsentrasinya di bidang anak-anak. Terjadi tukar pikiran dan wacana tentag seputar anak. Berlangsung sangat seru dan aktif. Acara pun diakhiri dengan pengumuman tentang pendaftaran PAUD YANG bertempat di ibu yayuk, syarat-syarat pendaftaran dll. Acara ditutup dengan bacaan Hamdalah.
Setelah acara selesai perwakilan (koor. Kkn sdr selamet riyadi) berkoordinasi dengan ibu sulas ( calon kepala Paud) dan mbak iin ( perwakilan dari ibu yayuk/ seorang guru TK/ mahasiswa S1 JURUSAN PAUD SEMESTER 5). Mencoba Bertiga saling bertukar in formasi dan ilmu tentang PAUD, koordinasipun dilakukan dengan cukup santai dan akrab. Sampai akhirnya menentukan nama paud yang akan berdiri. Tetapi nama PAUD belum juga disepakati. Rapat pun ditutup Untuk dilanjutkan besok kamis pembukaan kelas perdana pos PAUD.
Kamis, 12 Januari 2012
Pukul 07.00 wib pos paud pun dibuka dirumahnya ibu yayuk acara pun dibuka dengan sambutan oleh ibu yayuk selaku kepala tk dan tuan rumah. Acara dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai paud secara singkat oleh sdr. Selamet riyadi. Setelah itu dilaksanakna pendataan peserta PAUD OLEH SEGENAP anggota tim kkn (pram dan anita). Setelah melaksanaan pendataan, acara dilanjutkan mengajak bermain dan bernyayi anak-anak sekitar 25 peserta. Anak-anak yang usia nya rata-rata 2-3 tahun di ajak bermain dan bernyanyi oleh ibu sulas dan tim KKN UMK. Setelah diajak selesai bermain anak-anak diajak bernyayi dan menutup kelas perdana pos paud dengan berdoa bersama untuk kesuksesan PAUD selanjutnya. Setelah kelas selesai kami ( ibu sulas, ibu yayuk, sdr selamet riyadi dkk) melakukan koordinasi untuk menentukan kedepannya PAUD yang akan datang. Pertama masalah nama akhirnya nama yang diusulkan oleh KOOR kkn sdr. Selamet riyadi yakni dengan nama POS PAUD “HARAPAN BUNDA” disepakati. Tim kkn pun memberikan bantuan sederhana berupa alat tulis, buku gambar, buku tulis untuk diberikan kepada pos paud. Diserahkan oleh koor. Kkn kepada ibu yayuk secara simbolis. Tim kkn pun juga membantu dalam membuat papan nama pos paud.
Jumat, Tanggal 13 Januari 2012
Pukul 07.00 wib kawan –kawan kKn ( yadi, anita, ika dan indrawati) menuju ke pos paud yang memasuki hari kedua pelaksanaan kelas untuk anak-anak sekitar duren sawit. Pada pertemuan kedua ini kelas dibuka dengan bernyayi bersama bersama. Diawali oleh bu yayuk selaku kepala sementara Pos Paud. Tidak anya bernyayi tetapi sambil belajar berdoa (makan dan tidur) . ada semacam kompetisi yang dilakukan dalam kelas kali ini :
a. Keberanian
b. Hadiah/prestasi
c. Bekerja sama dengan teman sebya
d. Interaksi social dengan teman sebaya
e. Menghafal doa-doa
f. Penutup

Ditulis Oleh
Selamet Riyadi
Koordinator Kuliah kerja Nyata Universitas Muria Kudus 27 Desember 2011- 25 Januari 2012 Desa Duren Sawit , kecamatan Kayen Kabupaten Pati

0 komentar:

Poskan Komentar